SELAMAT DATANG

Selamat Datang di Radinal's blog. Semoga dapat bermanfaat....

Minggu, 27 Maret 2011

Contoh STATEMENT OF AUTHORSHIP

STATEMENT OF AUTHORSHIP

      Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.
     Materi ini belum/tidak pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menggunakannya.
Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan menditeksi adanya plagiatisme.
Nama Mahasiswa        :           Rio Radinal, Ratna Dwi Wahyuni, dan Patriot Sonli Manumpak.
Nomor Mahasiswa      :           082004, 082000, dan 081996
Kelas                          :           3 C
Mata Ajaran                :           Akuntansi Biaya
Judul Makalah/Tugas   :           Penentuan Harga Pokok Produk Bersama dan Produk Sampingan
Hari, Tanggal               :           Senin, 23 November 2009
Nama Pengajar            :           Galih Fajar Muttaqin, SE.,M.Ak
Tandatangan                :

           

( Rio )                                      ( Ratna )                                  ( Patriot )

Contoh Proposal Study Kelayakan Bisnis


PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS
WARNET “TOP” KHUSUS UNTUK LAPTOP








Disusun oleh :
RIO RADINAL (5552082004)
YOGI ZIKRULLOH (5552081065)
Kelas : VD



FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2011





PROPOSAL USAHA
WARNET “TOP” KHUSUS UNTUK LAPTOP

Berterima Kasih Kepada:
Dosen Mata Kuliah Studi Kelayakan Bisnis,
Ibu Ina Indriana,SE karena telah membantu dalam pembuatan proposal usaha ini

RIO RADINAL dan YOGI ZIKRULLOH
(Nama Pemilik)
WARNET “TOP”
(Nama Perusahaan)

Jl. Raya Jakarta KM.11 Pakupatan Serang
Telp (0254)9496900. Email : untitled@yahoo.com




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Pemilihan Usaha
Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin hari semakin modern. Segala aktifitas dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik yang harganya semakin murah dari hari ke hari, teknologi yang digunakan pun menjadi semakin canggih. Daya beli masyarakat akan barang-barang tersebut pun akan meningkat. Lingkungan kampus membutuhkan perangkat elektronik untuk setiap aktifitas mahasiswa dalam kegiatan belajarnya yaitu laptop atau notebook. Dengan zaman yang serba modern hampir setiap mahasiswa sudah bisa membeli laptop. Oleh karena itu penulis terinspirasi membuka usaha warnet yang khusus untuk laptop dengan menyediakan fasilitas sambungan internet berupa LAN.
Selain itu, yang melatarbelakangi penulis dalam pembuatan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah studi kelayakan bisnis yaitu Ibu Ina Indriana,SE. Yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah mengenai latar belakang pemilihan usaha travel, analisis aspek pasar dan pemasaran, analisis aspek teknis dan teknologi, analisis aspek manajemen, dan analisis aspek finansial.

B.     Gambaran Umum Potensi Usaha
      Persaingan usahan yang sangat ketat membuat setiap orang harus memikirkan usaha apa yang mempunyai prospek dimasa mendatang dan juga memberikan keuntungan. Dengan modal seadanya para calon pengusaha harus lebih berfikir ekstra dengan segala resiko dan peluang yang ada. Usaha warnet biasa sudah banyak diterapkan oleh kebanyakan orang. Tetapi usaha warnet “top” yang bergerak dalam usaha penyediaan sambungan internet untuk laptop belum biasa dan sangat berbeda dari kebanyakan warnet yang sudah ada. Oleh karena itu, para konsumen yang ingin berinternet dengan laptop pribadinya akan lebih memilih warnet “top” yang khusus untuk laptop.



BAB II
PROFIL PERUSAHAAN DAN ASPEK YURIDIS

A. Profil Perusahaan
      Unit usaha ini diberi nama Warnet “Top” yang bergerak dalam usaha penyediaan sambungan internet untuk laptop.
Nama organisasi          :  Warnet “Top”
Jenis Organisasi           :  Perusahaan perorangan
Pemilik                        :  Rio Radinal dan Yogi Zikrulloh
      Alamat                                    :  Jl. Raya Jakarta KM.11 Pakupatan Serang
No Telp                       :  (0254) 9496900
B. Visi dan Misi
            Visi      : Menjadikan Masyarakat Indonesia Mahir dalam Teknologi Informasi.
            Misi     : Memberikan Kemudahan Akses Informasi Melalui Internet.
C. Aspek Yuridis
   Dari segi legalitas usaha, unit usaha ini beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari. Beberapa dokumen hukum yang dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah :
a. Badan hukum
         Untuk usaha ini yaitu berupa perusahaan perorangan. Karena usaha yang kami lakukan sifatnya merupakan usaha dengan modal sendiri dimana keuntungan dan kerugian ditanggung oleh seorang pemilik.
b. NPWP
            Sebagai unit bisnis, saya juga mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha saya ke Departemen Perpajakan setempat. NPWP merupakan nomer yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.


c. Ijin Domisili
           melakukan perijinan kepada pemerintah daerah setempat untuk ijin domisili, karena nantinya kami akan ada yang tinggal dan menetap  di tempat tersebut.

e. Bukti Diri
           Unit usaha saya juga mempunyai bukti diri mengenai kepemilikan serta kartu identitas penduduk.
f. Surat Perjanjian Sewa Menyewa Bermaterai (MOU)
Karena unit usaha kami menyewa suatu toko, maka kami akan mendapat Surat Perjanjian Sewa Menyewa (MOU) setelah membayar biaya yang telah disepakati bersama pemilik toko tersebut.




BAB III
ASPEK TEKNIS DAN ASPEK OPERASI

A.    Analisis SWOT
-          Strength         : Jaringan internet cepat dan tempat yang nyaman.
-          Weakness       : Kecepatan tergantung spesifikasi laptop konsumen.
-          Opportunity   : Belum ada pesaing serta lokasi usaha yang strategis.
-          Treat              : munculnya pesaing dengan bisnis yang sama dan modem pribadi.
B.     Pemilihan Teknologi
      Teknologi yang digunakan adalah beberapa perangkat elektronik yang modern, yaitu:
1.      Komputer Server
2.      AC
3.      Printer
4.      Kulkas
5.      Bus terminal LAN
C.    Rencana Kapasitas Ruangan
      Ruang yang akan digunakan memiliki spesifikasi sebagai berikut:
1.      Luas sekitar 40
2.      Kapasitas untuk pengguna sebanyak 20 ruang lesehan  yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu 10 ruang untuk smoking area dan 10 ruang lain untuk AC area. Kemudian tiap ruang dilengkapi dengan kabel listrik untuk pengisian daya laptop.
D.    Rencana Waktu Operasi Usaha
      Usaha Warnet “Top” yang akan dibuka selama 5 hari tiap minggu yaitu hari senin sampai dengan jumat dengan jam operasi 12 jam per harinya dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 22.00. Hal tersebut kami terapkan berdasarkan jam kuliah mahasiswa yang menjadi prioritas utama kami. Dengan demikian hari sabtu dan minggu akan dimanfaatkan untuk istirahat.




E.     Perencanaan Letak
F.     Layout Ruang
            Keterangan :
: Server
 
                                     
                                                : Pintu Masuk

 
: Kulkas Minuman
 
                                     
                                                : Ruang 1 s/d 20
                                     
                                                : Toilet







BAB IV
ASPEK MANAJEMEN DAN SUMBER DAYA MANUSIA

A.    Tujuan dan Strategi
1.      Jangka Panjang
-          Tujuan    : Menguasai pangsa pasar di daerah serang dan cilegon.
-          Strategi   : Membuka cabang dibeberapa daerah di serang dan cilegon.
2.      Jangka Menengah
-          Tujuan    : Mencari laba Rp. 100.000.000 per tahun dan meningkatkan kesejahteraan pemilik dan pegawai.
-          Strategi   : Konsisten dalam pelayanan serta secara perlahan meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan.
3.      Jangka Pendek
-          Tujuan    : Mencari dan menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.
-          Strategi   : Promosi melalui potongan harga dan menyebar info sederhana misalnya dengan menggunakan brosur mini.
B.     Struktur Organisasi
Perusahaan yang akan kami dirikan memiliki struktur organisasi yang sangat sederhana seperti yang telah disajikan dibawah ini.

                      


C.    Deskripsi Pekerjaan
1.      Pemilik
Pemilik perusahaan yaitu Rio Radinal dan Yogi Zikrulloh akan turut serta dalam menjalankan usaha Warnet ”Top” ini. Rio Radinal menjadi manajer keuangan yang akan mengurus segala sesuatu yang menyangkut keuangan perusahaan seperti gaji karyawan dan juga pembayaran biaya-biaya bulanan. Sedangkan Yogi Zikrulloh menjadi Pengawas Karyawan yang akan mengawas pekerjaan para karyawan tiap sift.
2.      Karyawan
Karyawan terdiri dari 2 orang yang akan bertugas menjaga warnet ”Top” tiap sift dimana masing-masing sift selama 6 jam dan 7 jam. Sift 1 akan bertugas pada pukul 09.00 – 15.00 dan sift 2 akan bertugas pada pukul 15.00 – 22.00.
D.    Rekruitmen Karyawan
1.      Seleksi
Seleksi yang akan dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu mencari karyawan dari rekan sesama mahasiswa yang mempunyai keterampilan dan pengetahuan komputer serta dapat dipercaya.
2.      Kompensasi
Setiap karyawan akan diberikan kompensasi berdasarkan pendapatan yang diperoleh saat menjaga serta kerapihan dan kebersihan tempat.
E.     Pengendalian
      Pengendalian dilakukan dengan melakukan evaluasi kinerja secara rutin setiap seminggu sekali serta melakukan pemantauan terhadap karyawan setiap harinya.









BAB V
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

A.    Bentuk Pasar
      Pasar merupakan tempat dimana sekelompok orang yang diorganisasikan untuk melakukan tawar-menawar sehingga dengan demikian terbentuklah harga.
1.      Dilihat dari sisi produsen usaha warnet ini termasuk pasar persaingan sempurna, karena tidak terbatasnya jumlah produsen dan konsumen bebas memilih dimana dia mendapatkan apa yang dia butuhkan.
2.      Dilihat dari sisi konsumen  usaha warnet ini termasuk pasar konsumen yaitu pasar untuk  jasa yang digunakan oleh perorangan untuk keperluan pribadi.
B.     Prakiraan pengembangan permintaan konsumen di masa depan
      Apabila kita melakukan peramalan di masa datang tentang permintaan konsumen, maka usaha ini akan terjadi peningkatan konsumen. Peningkatan konsumen didasarkan atas kemajuan teknologi yang sangat pesat dan memungkinkan setiap orang memiliki laptop untuk berbagai keperluan. Sehingga warnet biasa akan kalah saing dengan warnet ”top” yang menawarkan fasilitas sambungan internet sedangkan laptop milik pribadi konsumen.
C.    Prakiraan perkembangan penawaran produsen di masa depan Apabila kita melakukan    Peramalan (forecasting) pada sisi pengembangan usaha dari produsen, maka usaha ini penawarannnya akan tetap, karena di sisi permintaan cenderung naik, maka penawaran akan sama baik periode sekarang ataupun di masa depan. Dan karena usaha terletak di sekitar kampus yang banyak dilewati orang-orang dan sangat strategis.
D.    Peluang pasar yang masih tersedia di masa depan
      Peluang pasar  yang diramalkan untuk masa depan yaitu kemungkinan besar akan tetap ada bahkan akan lebih baik dari tahun sekarang. Peramalan tersebut berdasarkan mutu dan fasilitas yang terus ditingkatkan dan mempunyai satu ciri khas dari warnet ”Top” yang menyediakan fasilitas sambungan internet dengan menggunakan laptop pribadi konsumen.




E.     Segmentasi, Pasar Sasaran dan Posisi Pasar
a.       Segmentasi Pasar
           Yang menjadi sasaran konsumen dalam usaha ini yaitu sebagai berikut:
Seluruh mahasiswa Untirta, SMA Prisma, SMA Pasundan dan  masyarakat yang ada disekitar wilayah tersebut.
b.      Pasar Sasaran (Target Pasar)
Setelah segmen pasar diketahui, selanjutnya perusahaan akan menetapkan beberapa segmen yang akan dijadikan sasaran, yang lebih utama yaitu mahasiswa dan pelajar di daerah yang dijadikan tempat warnet berdiri.
c.       Posisi Pasar
Posisi perusahaan atau keunggulan produk dari usaha yang akan dijalankan yaitu terletak pada jenis sambungan internet dimana usaha perusahaan menyediakan sambungan internet yang akan terhubung kepada laptop atau notebook pribadi konsumen sehingga konsumen tidak perlu khawatir terkena virus dan juga lebih simple karena data dan informasi yang dicari akan langsung tersimpan di laptop pribadi mereka tanpa harus memindahkan data tersebut.
F.     Sikap, Perilaku dan Kepuasan Konsumen
      Oleh karena pasar konsumen warnet ”Top” ini lebih diutamakan pada bukti fisik (physical evidence), dengan demikian kajian sikap, perilaku, dan kepuasan konsumen lebih kepada kemampuan produsen dalam hal kualitas yang ditentukan dan fasilitas yang ditingkatkan.
G.    Kebijakan Bauran Pemasaran yang Dijalankan
      Analisis ini mengacu pada 4P yaitu : Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Berikut paparannya :
a.       Product (Produk)
Produk yang ditawarkan berupa jasa yang menawarkan fasilitas sambungan internet dengan menggunakan laptop milik pribadi konsumen serta disertai fasilitas ruangan AC dan juga menyediakan jasa print dan menjual soft drink.




b.      Price (Harga)
Harga yang ditawarkansebagai berikut:
·         Warnet            =          Rp 1.500/ jam
·         Print Hitam     =          Rp 300/lembar
·         Print Warna     =          Rp 500/lembar
·         Soft drink        =          Rp 2.000/ botol
c.       Place (Tempat)
            Posisi yang dipilih oleh pendiri usaha yaitu sekitar 30 meter dari kampus untirta. Di samping indomaret yang dekat dengan jalan raya serta akses transportasi yang mudah dijangkau.
d.      Promotion (Promosi) 
            Kegiatan promosi yang dilakukan usaha ini yaitu dengan cara menyebarkan brosur dan menempel pamflet ke mading-mading yang ada di kampus untirta.
           





BAB VI
ASPEK KEUANGAN

1. Perkiraan Investasi Awal
No.
Keterangan
Unit
Harga/Unit
Jumlah
1.
Kontrak tempat 1 tahun

Rp. 10.000.000
Rp. 10.000.000
2.
Desain Ruangan


Rp.  2.000.000
3.
Sambungan Internet
12 bulan
Rp. 300.000
Rp.  3.600.000
4.
Bus LAN (Terminal LAN)
1
Rp. 1.000.000
Rp.  1.000.000
5.
Kabel LAN
30 meter
Rp. 5000
Rp.     150.000
6.
Kabel listrik
30 meter
Rp. 2000
Rp.       60.000
7.
Komputer Server
1

Rp.  3.000.000
8.
Printer
1

Rp.     700.000
9.
Kertas
4 rim
Rp. 25.000
Rp.     100.000
10.
Spanduk
1
Rp. 200.000
Rp.     200.000
11.
AC
2
Rp. 2000.000
Rp.   4.000.000
12.
Kulkas minuman
1
Rp. 2.000.000
Rp.   2.000.000
13.
Minuman botol
3 krat
Rp. 30.000
Rp.        90.000
14.
Lain-lain


Rp.     500.000
Total Investasi Awal

Rp. 27.400.000


2. Perkiraan Modal Kerja
No.
Keterangan
Jumlah
1.
Biaya Perizinan
Rp 300.000
2.
Biaya Promosi
Rp 200.000
Total Modal Kerja
Rp 500.000





3.   Pembiayaan Investasi dan Modal Kerja
Biaya Investasi                                            Rp 27.400.000
Modal Kerja                                               Rp      500.000
Total Modal                                                Rp 27.900.000

Modal Sendiri                               = Rp 27.900.000x 100% = Rp 27.900.000


4. Biaya Depresiasi
 Dalam menentukan penyusutan aktiva tetap, digunakan metode garis lurus. Umur manfaat untuk bangunan adalah 10 tahun, sedangkan untuk umur manfaat aktiva yang lainnya adalah 5 tahun. Dan seluruh aktiva yang dimiliki tidak memiliki nilai residu. Akan tetapi untuk bangunan tidak ada depresiasi karena menyewa.
No.
Jenis Aktiva Tetap
Harga Perolehan
Umur Ekonomis
Biaya Penyusutan
1.
Bus LAN
Rp.  1.000.000
5 tahun
Rp.    200.000
2.
Komputer Server
Rp.  3.000.000
5 tahun
Rp.     600.000
3.
Printer
Rp.    700.000
5 tahun
Rp.    140.000
4.
AC
Rp.  4.000.000
10 tahun
Rp.     400.000
5.
Kulkas minuman
Rp.   2.000.000
10 tahun
Rp.     200.000

Total
Rp. 10.700.000

Rp. 1. 540.000










5. Anggaran Pendapatan dan Biaya
Pendapatan dan biaya dihitung berdasarkan Pemakaian per jam/lembar/botol selama 20 hari dalam satu bulan dengan rincian sebagai berikut :
No
Keterangan
Jumlah
per bulan
Jumlah
per tahun
1.



Pendapatan :
·         Warnet (12jam x 10 sheet x Rp 1.500 x 20hari)
·         Print Hitam (100lembar x Rp 300 x 20hari)
·         Print Warna (50lembar x Rp 500 x 20hari)
·         Soft drink (20botol x Rp 2.000 x 20hari)
Total Pendapatan

Rp.  3.600.000
Rp.     600.000
Rp.     500.000
Rp.      800.000
Rp.  5.500.000

Rp.   43.200.000
Rp.     7.200.000
Rp.     6.000.000
Rp.     9.600.000
Rp.   66.000.000
2.
Pengeluaran :
·         Biaya Listrik
·         Biaya perawatan tempat
  • Biaya Kebersihan
  • Biaya Retribusi dan keamanan
  • Biaya Promosi
  • Biaya Gaji (2 karyawan x Rp 25.000 x 20 hari)
  • Biaya Konsumsi (2shift x Rp. 6.000 x 20 hari)
  • Biaya Sewa Tempat
Total Pengeluaran

Rp.  200.000
Rp.    50.000
Rp.    50.000
Rp.    60.000
Rp.    50.000
Rp. 1.000.000
Rp.   240.000
Rp.   833.333
Rp. 2.483.333

Rp.  2.400.000
Rp.     600.000
Rp.     600.000
Rp.     720.000
Rp.     600.000
Rp. 12.000.000
Rp.   2.880.000
Rp. 10.000.000
Rp. 29.800.000










6. Estimasi Arus Kas
           
Arus kas masuk bulan pertama


Pendapatan operasi  (warnet+print)
Rp. 4.700.000

Pendapatan non operasin (soft drink)
Rp.    800.000

     Total arus kas masuk

Rp. 5.500.000
Arus kas keluar


Biaya Listrik
Rp.     200.000

Biaya Perawatan Tempat
Rp.       50.000

Biaya Kebersihan
Rp.       50.000

Biaya Retribusi dan Keamanan
Rp.       60.000

Biaya Promosi
Biaya Gaji
Biaya Konsumsi
Biaya Sewa Tempat
Rp.       50.000
Rp.  1.000.000
Rp.     240.000
Rp.      833.333

    Total arus kas keluar           

Rp. 2.483.333
Arus kas bersih bulan pertama

Rp. 3.016.667
Arus kan bersih Tahun Pertama

Rp.36.200.000


7.   Kenaikan Arus Kas
       Asumsi kenaikan arus kas bersih pertahun 10%
Tahun ke-
Arus kas bersih
1
Rp. 36.200.000
2
Rp. 42.800.000
3
Rp. 50.060.000
4
Rp. 58.046.000
5
Rp. 66.830.600



8.      Laporan Laba Rugi (dalam Rupiah)
Keterangan
Tahun 1
Tahun 2
Tahun 3
Tahun 4
Tahun 5
Pendapatan (Naik 10 % Per Tahun)
66.000.000
72.600.000
79.860.000
87.846.000
96.630.600
Biaya





Biaya Listrik
2.400.000
2.400.000
2.400.000
2.400.000
2.400.000
Biaya Perawatan Tempat
600.000
600.000
600.000
600.000
600.000
Biaya Kebersihan
600.000
600.000
600.000
600.000
600.000
Biaya Retribusi dan Keamanan
720.000
720.000
720.000
720.000
720.000
Biaya Promosi
600.000
600.000
600.000
600.000
600.000
Biaya Gaji
12.000.000
12.000.000
12.000.000
12.000.000
12.000.000
Biaya Konsumsi
2.880.000
2.880.000
2.880.000
2.880.000
2.880.000
Biaya Sewa Tempat
10.000.000
10.000.000
10.000.000
10.000.000
10.000.000
Total Biaya
29.800.000
29.800.000
29.800.000
29.800.000
29.800.000
Laba  Bersih
36.200.000
42.800.000
50.060.000
58.046.000
66.830.600